Mozilla Siapkan Browser Junior Untuk iPad

7941Mozilla Junior Mozilla Siapkan Browser Junior Untuk iPad

Mengikuti jejak Yahoo Axis dan Opera Mini yang telah hadir lebih dulu, Mozilla akhirnya mengembangkan browser selain Firefox untuk Apple iPad untuk meramaikan pasar browser di tablet besutan Apple tersebut.

Selain Yahoo Axis dan Opera mini, telah hadir berbagai browser yang ikut bersaing di pasar tablet iPad, sebut saja browser Atom, Dolphin, Mercury, Skyfire dan tentu saja browser besutan Apple, Safari.

Mozilla memutuskan untuk ikut dalam kancah perang browser di iPad dengan mengembangkan browser bernama Junior yang akan membawa berbagai fitur untuk bersaing dengan browser lainnya.

Banyak pihak yang bertanya-tanya mengapa Mozilla tidak menggunakan nama Firefox atau mengembangkan Firefox untuk browser di iPad?

Hal tersebut terkait kebijakan Apple yang tidak mengijinkan mesin browser lain selain WebKit hadir di iPad. WebKit sendiri adalah mesin browser yang digunakan oleh Safari dan Google Chrome.

Browser Firefox untuk desktop menggunakan mesin bernama Gecko, maka dari itu Mozilla memutuskan untuk tidak menggunakan Gecko dan nama Firefox untuk meluncurkan browser iPad.

Mozilla Junior ini adalah prototipe browser untuk iPad yang menggunakan mesin WebKit yang membawa berbagai fitur untuk berselancar melalui tablet iPad.

“Jadi inilah hal yang menyenangkan. Kami ingin membuat sesuatu yang sama sekali baru. Kami ingi melihat kedalam, bagaimana kita dapat menemukan kembali browser dalam faktor bentuk yang baru,” kata Alex Limi.

Seperti yang dikutip dari The Verge, antarmuka Mozilla junior ini terdiri dari addres bar pada bagian atas aplikasi dan terdapat dua tombol untuk media interaksi antara pengguna dengan browser.

Mozilla mengorbankan fitur tab dalam rangka membuat browser Junior lebih ringan dan sederhana serta nyaman digunakan.

Saat ini Mozilla Junior masih dalam tahap pengembangan atau prototipe, perubahan atau penambahan fitur masih dimungkinkan, Anda penasaran? Mari kita tunggu rilis resminya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s