Toyota Indonesia Kenalkan Teknologi Hibridanya

Dibaca:   Komentar:

|
Share:
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Jeremia

    Beberapa unit Toyota Prius Hybrid dihadirkan di Karawang

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Jeremia

    Para instruktur dari Toyota Indonesia menjelaskan siostem kerja teknologi hibrida

Karawang, KompasOtomotif – PT. Toyota Astra-Motor melakukan workshop “Pengenalan Teknologi Hybrid Toyota” kepada para wartawan di Proving Ground Bridgestone, Karawang, kemarin (8/3). Memang, teknologi ini sudah lama dikembangkan oleh dunia otomotif, bahkan Toyota sendiri semenjak 1997 telah mengembangkannya melalui sedan Toyota Prius sebagai produk hybrid pertama dan hingga kini teratas dalam pemasaran dengan telah terjual 2.680.000 unit.

“Selain lebih ramah lingkungan, teknologi hybrid juga menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi berkurangnya bahan bakar minyak,” jelas Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor.

Dijelaskannya, seperti biasa, setiap ada teknologi baru, pasti ada kekhawatiran di masyarakat karena belum meratanya pemahaman tentang teknologi tersebut. “Karena itu, Toyota memberikan pembelajaran ini. Hybrid atau hibrida merupakan teknologi penggabungan dua sumber tenaga penggerak, yaitu motor listrik dan mesin bensin.”

Teknologi hibrida mempunyai empat tipe sistem kerja. Yang pertama, tipe seri. Motor bensin memutarkan generator untuk mensuplai listrik ke baterai sebagai sumber energi motor listrik penggerak roda. Kedua, tipe paralel dengan motor bensin sebagai penggerak roda utama dan motor listrik hanya membantu akselerasi. Ketiga, tipe seri dan paralel, di mana teknologi hibrida dengan penambahan “power split device” secara konstan mengatur rasio tenaga motor bensin atau listrik ke roda. Juga dapat menggerakkan kendaraan hanya dengan motor listrik saja dan Toyota menggunakan sistem ini pada kendaraan hibridanya. Terakhir, sistem Plug-in hybrid dengan baterai berkapasitas besar dapat dicharge dengan listrik “rumah” untuk memperbanyak penggunaan motor listrik serta mengurangi penggunaan motor bensin.

Toyota Prius yang saat ini sudah memasuki generasi ketiga sudah menerapkan tipe mesin hibrida seri + paralel tersebut. Teknologi ini memiliki beberapa keuntungan seperti lebih ekonomis, lalu kadar emisi yang rendah, secara sistem kinerja tipe ini lebih efektif. Karena, secara otomatis dan teratur, baterai sebagai sumber tenaga motor dapat diisi kembali oleh mesin bensin. Karena itu, Toyota mengusung teknologi ini pada kendaraan hibridanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s