Unta Mini Purba Ditemukan di Panama

Florida Museum of Natural Hostory Fosil rahang bawah unta mini purba jenis Aguascalietia panamaensis.

PANAMA, KOMPAS.com — Aldo Rincon, mahasiswa palaentologi di University of Florida di Gainesville, menemukan fosil unta mini purba. Fosil tersebut ditemukan dalam ekskavasi di situs Palaentologi Las Casacadas, Panama, antara tahun 2008-2009.

Identifikasi menunjukkan bahwa fosil yang ditemukan ialah milik dua spesies unta, yaitu Aguascalietia panamaensis dan Aguascalientia minuta. Kedua unta tersebut hidup di Amerika Tengah 20 juta tahun lalu, punya moncong seperti buaya serta gigi yang pendek dan tajam.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, Rincon mengungkapkan bahwa unta pemakan buah dan daun itu berukuran mini. A minuta hanya memiliki tinggi sekitar 60 cm, hampir setara dengan rusa, sedangkan A panamaensis memiliki tinggi 80 cm.

“Mereka binatang yang lucu. Saya tak menyangka menemukan ini di Panama,” kata Carlos Jaramillo dari Smithsonian Tropical Research Institute di Panama yang juga terlibat penelitian ini, seperti dikutip National Geographic, Selasa (6/3/2012).

Di masa modern, unta melimpah di Afrika dan Timur Tengah. Padahal, 35-40 juta tahun lalu, unta melimpah di Amerika. Penemuan ini memberi petunjuk tentang evolusi unta, yang pada masa lalu terpecah menjadi dua, satu di Asia dan satu lagi di Amerika Selatan.

Penemuan dua spesies unta purba ini dipublikasikan di Journal of Vertebrate Palaentology baru-baru ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s