Wisatawan Dilarang Mendaki Gunung Gamalama

KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, masih mengeluarkan debu vulkanik, Selasa (6/12/2011) pagi.

TERNATE, KOMPAS.com – Para wisatawan dan pecinta alam di Ternate, Maluku Utara, hingga saat ini masih dilarang mendaki Gunung Gamalama menyusul letusan abu vulkanik selama sepekan terakhir.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane di Ternate, Jumat (17/2/2012), mengatakan, larangan tersebut karena status aktivitas vulkanik gunung itu masih berbahaya. Hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah aktivitas vulkanik Gunung Gamalama akan turun atau meningkat.

Darno mengatakan pihaknya melakukan pemantauan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Gamalama melalui seismograf. “Untuk itu, kami harapkan agar wisatawan dan para pecinta alam untuk mengurungkan niatnya melakukan pendakian di Gunung Gamalama, hingga kondisinya benar-benar normal,” katanya.

Pada akhir pekan, Gunung Gamalama seringkali digunakan sebagai tujuan kegiatan wisata dan pencinta alam. Namun, selama beberapa bulan ke depan masih dilarang untuk kegiatan tersebut karena dianggap berbahaya bagi keselamatan.

Namun begitu, lanjut Darno, masyarakat Kota Ternate diminta tetap tenang dan tidak mudah percaya terhadap berbagai isu yang tidak benar mengenai kondisi Gunung Gamalama.

Hingga saat ini, Darno belum bisa memastikan aktivitas Gunung Gamalama akan turun dari status waspada ke normal, atau sebaliknya naik kembali ke siaga. Akan tetapi pemantauan terhadap Gunung Gamalama terus dilakukan.

Pada Selasa (14/2/2012) dini hari, Gunung Gamalama mengeluarkan abu vulkanik. Tetapi, hal itu tidak memengaruhi statusnya yakni tetap waspada. Status Gunung Gamalama semula siaga, menyusul letusan besar pada Desember 2011. Namun sejak 24 Januari 2012 status diturunkan ke waspada karena aktivitas vulkaniknya mulai menurun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s