Siswa SMUK Surya Atambua Ikuti Penyegaran Iman

Siswa SMUK Surya Atambua Ikuti Penyegaran ImanCitizeb6, Atambua: Para siswa Sekolah Menengah Umum Katolik (SMUK) St. Fransiskus Asisi Surya Atambua mengikuti kegiatan penyegaran iman berupa ret-ret selama tiga hari penuh yang didampingi oleh para guru pendamping bertempat di aula St. Diminikus Emaus Nela. Kegiatan ret-ret merupakan kegiatan penyegaran iman yang didalamnya lebih difokuskan pada pemberian motivasi dan dorongan kepada para siswa untuk lebih mengenal kepribadiannya. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa kelas III dan didampingi oleh lima pastor pendamping.

Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana para siswa mempersiapkan diri secara mental dalam menghadapi ujian akhir nasional untuk mencapai target yang telah ditentukan baik dari kementerian pendidikan nasional maupun sekolah. Namun tujuan ret-ret ini bukan saja lulus dari sekolah namun mereka diharapkan bersikap, bertindak dan berperilaku yang baik dan siap dipakai dalam dunia kerja nyata yang makin sulit dalam menghadapi berbagai kompetisi disegala lini kehidupan. Kegiatan ret-ret bagi para siswa kelas 3 ini diikuti oleh 257 siswa peserta ret-ret yang terdiri dari 115 siswa putra dan 142 siswa putri. Para siswa ini didampingi oleh guru pendamping serta 5 orang pastor yakni Rm. Yohanes Senda Laka Pr, Rm. Leo Edel Asuk Pr, Rm. Siprianus Tes Mau, Rm. Adrianus Ampolo Pr dan Rm. Cristoforus Ukat Pr.

Materi-materi yang dibawakan oleh ke-5 pembimbing rohani tersebut lebih berkisar tentang kepribadian, identitas diri dan masa depan yang dibawakan oleh para pendamping rohani dalam dinamika kelompok. Para siswa diajak untuk merefleksikan diri siapa dirinya dihadapan pencipta dan sesama. Selain itu para siswa dihantar untuk menerima setiap keberhasilan dan kegagalan termasuk dalam Ujian Akhir Nasional. Salah satu guru pendamping Emanuel Bria mengatakan, ” Kegiatan ini merupakan kegiatan yang maknanya mempersiapkan diri secara lahiriah dan batiniah untuk menghadapi ujian akhir nasional. Mereka perlu motifasi dan dukungan agar bisa kuat mental fisik dan menghadapi masa depan mereka dengan baik “ungkap guru yang merupakan alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Katolik (STFK) Ledalero Maumere Flores ini yang mengemban tugas sebagai guru agama katolik dan guru sosiologi pada SMUK Surya.

Selama tiga hari penuh para siswa menggunakan fasilits emaus yang merupakan pusat pastoral keuskupan Atambua. Para siswa menggunakan Aula St. Dominikus yang baru diresmikan pada September 2011 lalu yang merupakan sumbangan dari seorang pengusaha katolik Atambua, Wilibrodus Lay. Disamping aula St. Dominikus terdapat rumah wisma purkarya para pastor diosesan keuskupan Atambua dan Seminari Tinggi Loo Damian yang merupakan tempat studi para frater calon imam dari empat keuskupan yakni Keuskupan Weetabula Sumba, Agung Kupang, Atambua dan keuskupan Merauke Papua. (Pengirim: Fansiskus Pongky Seran)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s