Satpol PP dan Warga Siap Amankan Pilkada 2012

  DHONI SETIAWAN Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilangsungkan pada 11 Juli 2012 mendatang, sebanyak 32.000 personel gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI dan masyarakat akan disiagakan untuk mengamankan 15.176 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di lima wilayah.

Kepala Satpol PP DKI, Effendi Anas, mengatakan, nantinya akan disiapkan Pengamanan Tidak Langsung (Pamtaksung) di enam wilayah DKI. Untuk pengamanan ini, personelnya merupakan gabungan dari Satpol PP DKI dan masyarakat di sekitar TPS.

“Nanti di tiap TPS ada dua Satpol PP yang disiagakan. Sisanya nanti ada masyarakat. Tapi mereka akan dilatih dulu,” kata Effan, sapaan akrab Effendi Anas, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (17/2/2012).

Masyarakat yang merupakan relawan ini akan dilatih langsung oleh Satpol PP. Dengan demikian, masyarakat ini dapat memahami fungsi dan tugas masing-masing selama Pilkada 2012 berlangsung di setiap TPS. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Effan mengatakan, pihaknya akan melakukan pemilihan lebih selektif agar tidak salah pilih. Untuk itu, masyarakat yang akan menjadi relawan ini harus mengikuti proses rekrutmen yang saat ini sedang disiapkan. Proses rekrutmen relawan keamanan dari masyarakat akan dimulai pada Maret 2012. Rekrutmen dilakukan Satpol PP di wilayah kotamadya dan kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s