Rem Blong, Truk Masuk Laut

Rem Blong, Truk Masuk Laut
Citizen6, Kalianda: Selama tiga hari, kepolisian melakukan pencarian terhadap sopir truk hino bernopol BE 9133 CC yang terjun ke dalam laut dermaga III area pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel) pada (9/2) lalu. Akhirnya sekitar pukul  08.13 WIB, jenazah Garfi Setia Jaya(41), pengemudi truk naas itu ditemukan mengambang oleh salah seorang nelayan dengan posisi tertelungkup dekat dermaga empat atau sekitar 300 meter dari lokasi kejadian. Pengemudi truck bermuatan batu granit tersebut baru dapat dievakuasi sekitar pukul 10.30 WIB. Sebab petugas ASDP harus menunggu petugas kepolisian untuk mengangkat jasad korban.

” Berdasarkan keterangan dan ciri-ciri korban dari pihak keluarganya. Bahwa mayat yang terapung tersebut adalah pengemudi truk hino yang masuk ke dalam laut karena rem blong,” kata Manajer operasional ASDP Bakauheni, Heru Purwanto, Minggu (12/2). Setelah dievakuasi mayat warga Jalan AMD, Kelurahan Ulokgading, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung itu langsung dibawa petugas ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Dr. Bob Bazaar, Kalianda. Korban mengalami sejumlah luka robek di bagian kepala dan luka bagian kaki serta kedua tangan. ” Setelah mendapat perawatan sejumlah luka yang dideritanya. Pihak keluarga langsung membawa korban pulang ke kediamanya, ” ungkap Heru.

Dijelaskannya, peristiwa itu baru pertama kali terjadi. Selama ini pihaknya telah mempersiapkan satu titik kantong tempat pembuangan untuk mengantisipasi kendaraan yang mengalami rem blong. ” Kita sudah lama mempersiapkan tempatnya. Namun karena saat itu posisi kendaraan truk itu sudah melawan arus. Yakni mengambil jalur kanan, secara otomatis kantung tempat pembuangan kendaraan rem blong tidak dapat digunakan, ” tambah Heru. Untuk itu, pihaknya meminta agar pemilik kendaraan dan pengemudi sebelum melakukan perjalanan, hendak nya memeriksa kendaraannya terlebih dahulu. Apakah kendaraan tersebut laik untuk digunakan atau tidak. ” Ini kita kembali kan kepada pengemudi dan pemilik kendaraan agar benar-benar memeriksa kendaraannya. Sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Lamsel, Iptu M. Yogi membenarkan, mayat korban saat ini telah dibawa pulang pihak keluarga. Yogi mengaku, kecelakaan itu murni akibat kendaraan mengalami rem blong. Saat itu korban hanya sendirian membawa kendaraan itu tanpa didampingi kernet. ” Untuk itu, kasus ini kita SP3 kan, karena sopir kendaraan meninggal. Sementara kendaraan yang tertabrak sudah kita amankan, ” tambahnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pengemudi dan warga yang berada disekitaran Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mendadak heboh. Itu setelah truck fuso merek Hino warna hijau yang bermuatan batu granit tiba-tiba hilang kendali dan menabrak sejumlah kendaraan yang berada disekitaran dermaga III pelabuhan setempat. Bukan itu saja, truk yang dikemudikan Garfi, itu terjun bebas ke perairan Selat Sunda. Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa nahas itu ketika truk fuso yang melaju dari arah Bandar Lampung tersebut lepas kendali diduga rem kendaraan saat itu blong.

Tidak ayal, sejumlah kendaraan yang berada dipelataran dermaga yang hendak menaiki kapal BSP III menjadi korban akibat dihantam truk tersebut. Kendaraan yang tertabrak antara lain triler yang membawa escavator  bernopol B 9916 JV dan truk fuso books Polytron K 1572 VB yang mengalami ringsek samping. Serta truk fuso Mitsubishi bermuatan kardus BE 9718 BW yang juga ringsek bagian bak dan bagian depan. Bahkan tujuh unit sepeda motor yang parkir di dermaga III juga ikut dihantam truk Hino nahas itu. (Pengirim: Hendricus Widiantoro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s