KPDT Bantu Layanan Informasi dan Komunikasi

KPDT Bantu Layanan Informasi dan Komunikasi Citizen6, Belu: Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Belu menyerahkan sejumlah bantuan berupa peralatan Layanan informasi dan komunikasi kepada keuskupan melalui Emaus Pastoral Center (EPC). Bantuan dari kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal tahun anggaran 2011 ini berupa bangunan rumah serta peralatan akses informasi dan komunikasi seperti jaringan internet, komputer serta server.

Acara penyerahan bantuan kepada EPC ini direncanakan semula akan diserahterimakan secara langsung oleh Bupati Belu Drs. Joachim Lopes namun adanya tugas keluar maka beliau membatalkan kehadirannya dan melimpahkan wewenang kepada Bapeda kabupaten Belu. Akses informasi dan komunikasi yang dinamakan warung komunikasi ini akan dimanfaatkan oleh umat setempat serta gereja terutama untuk kepentingan keuskupan seperti para imam, para frater, seminaris untuk mendapatkan akses informasi.

Johanes Bria Klau dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Belu mengungkapkan, ” Kami melakukan survey dan kami melihat bahwa tempat ini perlu mendapat akses layanan informasi dan komunikasi. Karena Emaus ini merupakan tempat pusat pastoral makanya layak diberikan bantuan alat-alat akses komunikasi. Selain itu masyarakat sekitarnyapun bisa menggunakan sarana ini karena selama ini baik para imam, frater dan umat disekitar Emaus Nela kesulitan untuk mengakses internet dan harus ke Atambua. Makanya pemerintah memiliki perhatian dengan membangun warung informasi dan komunikasi di pusat pastoral Emaus ” ungkap pegawai Bapeda kabupaten Belu alumnus fakultas Biologi Universitas Katolik Atmajaya Jogjakarta lulusan tahun 2003 tersebut.

Sementara itu ketua Emaus Pastoral center (EPC), Rm. Leo Edel Asuk Pr mengungkapka, ” Gereja senantiasa membangun mitra kerja dengan pemerintah karena gereja dan pemerintah bekerja untuk kesejahteraan umat. Dengan adanya layanan warung informasi dan komunikasi ini tentu sangat membantu keuskupan karena tempat ini merupakan tempat pusat kegiatan pastoral keuskupan Atambua. Hl ini tentu akan membawa dampak positif bagi gereja terutama keuskupan Atambua ” ungkap ketua komisi keluarga keuskupan Atambua ini. Ia menambahkan bahwa warung informasi dan komunikasi tersebut akan digunakan dan dibuka pada umum untuk melayani akses informasi dan komunkasi.

Bantuan dari kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut merupakan program anggaran tahun 2011 lalu yang disalurkan melalui Bapeda Kabupaten Belu. Melalui survey lapangan Bapeda Belu, lokasi Emaus Nela merupakan lokasi strategis dibangunannya layanan informasi. Mengingat letaknya yang strategis karena diwilayah Emaus Nela dan sekitarnya belum memiliki sarana akses informasi dan komunikasi berupa internet. Selain itu  diwilayah ini merupakan pusat kegiatan pastoral keuskupan Atambua. Karena di wilayah ini terdapat Pusat Pastoral (puspas), Istana keuskupan, Seminari Tinggi Loo Damian, Seminari Menengah Lalian, Biara SVD Nenuk, STM St. Joseph Nenuk dan paroki St.Antonius Padua Nela.

Bangunan warung informasi dan komunikasi merupakan bantuan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal tahun anggaran 2011. Bangunan warung informasi komunikasi ini terletak disamping rumah Wisma Purnakarya Keuskupan Atambua serta aula St. Dominikus yang berada didalam wilayah Emaus Pastoral Center (EPC). Pengelolaan serta pengoperasian warung komunikasi ini diserahkan secara penuh kepada pihak keuskupan melalui Emaus Pastoral Center. Penyerahan warung komunikasi ini diserahkan dari Bapeda Kabupaten Belu kepada EPC yang dihadiri oleh para staf Bapeda Belu yang diterima secara langsung oleh Rm. Leo Edel Asuk Pr selaku ketua EPC Keuskupan Atambua. (Pengirim: Fransiskus Pongky Seran)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s