Eks Timses Anas: Dana Juga Berasal dari Partai Lain

KOMPAS/AGUS SUSANTOAnas Urbaningrum

JAKARTA, KOMPAS.com — Pernyataan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) Muhammad Nazaruddin bahwa dana untuk pemenangan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum PD ketika kongres di Bandung berasal dari Permai Grup dibantah. Dana untuk pemenangan Anas disebut berasal dari sumbangan berbagai pihak, termasuk kader partai lain.

“Omong kosong itu yang dibilang Nazaruddin. Kongres ini kita semua keringat keluar dana,” kata Umar Arsal, politisi Demokrat, yang tergabung dalam Tim Sukses Anas seusai rapat Fraksi Partai Demokrat, di Kompleks DPR, Jakarta, Jumat (17/2/2012).

Umar yang menjadi ketua tim pemenangan Anas di wilayah Sulawesi membenarkan adanya pemberian dana untuk Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat di Sulawesi. Menurut dia, setidaknya ada dua kali pertemuan sebelum kongres.

Ketua DPC, kata dia, pernah dikumpulkan di Makassar untuk mendengarkan pemaparan visi dan misi Anas. Saat itu, tim sukses memberikan dana Rp 3,5 juta untuk DPC yang dekat dengan lokasi dan Rp 5 juta untuk yang lokasinya lebih jauh.

Setelah itu, lanjut Umar, Ketua DPC dikumpulkan di Jakarta untuk penajaman visi dan misi Anas. Saat itu diserahkan Rp 7,5 juta setiap orang.

“Terakhir deklarasi (masing-masing) Rp 10 juta,” ucap dia.

Meski demikian, Umar membantah pemberian uang itu sebagai politik uang untuk memilih Anas. Menurut dia, pemberian uang wajar lantaran untuk biaya transportasi. “Itu sangat standar. Dana bisa kita pertanggungjawabkan,” kata dia.

Dari mana dana itu? “Bantuan dari kami-kami tim sukses dan bantuan dari partai lain, termasuk teman-teman Golkar, PKS, banyak bantu kami. Waktu itu dahsyat semua dukung Anas. Nazar jadi bandahara malah dananya bertambah,” jawab Umar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s