Tren Printer Siap Beralih dari Tinta ke Laser

fuji xerox printer
Printer laser Fuji Xerox M205b

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren penggunaan printer di tanah air kini sudah mulai beralih dari printer tinta (inkjet) menjadi printer laser.

Penggunaan tren printer laser ini pun sudah mulai digunakan di segmen pasar usaha kecil menengah (UKM).

Mengutip data dari IDC, pasar printer laser di Indonesia di tahun ini diprediksi naik 17,09 persen dari 208.428 unit menjadi 244.041 unit.

Sedangkan pasar printer inkjet diperkirakan hanya akan naik 4,89 persen dari 2.201.081 unit menjadi 2.308.688 unit.

“Bahkan pasar printer laser diprediksi tumbuh 3,5 kali lebih cepat dibandingkan pasar printer inkjet,” kata Marketing Manager ASEAN Fuji Xerox Printer Channel Jolene Yeo dalam Media Gathering Fuji Xerox di The Energy Building, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Tiga Faktor

Pertumbuhan printer laser yang pesat dari segmen UKM ini disebabkan oleh tiga faktor yaitu biaya, performa dan kecepatan dari pencetakan.

Selama ini, pengguna terutama masyarakat Indonesia hanya berpikir jangka pendek dalam membeli printer terutama masalah harga.

Padahal jika dilihat dari segi biaya kepemilikan printer total, pengguna, terutama UKM di tanah air bisa mengurangi biaya mencetak hingga 60 persen.

Sebuah contoh dari Fuji Xerox, pengguna printer inkjet akan menghabiskan biaya 3.709 dollar AS setahun dibanding 1.607 dollar AS setahun untuk pengguna laser.

“Faktor harga memang sangat sensitif di masyarakat. Sehingga kami memilih untuk membuat produk dengan rentang harga yang bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumen,” tambah Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia Teddy Susanto.

Kalah oleh Vietnam

Teddy mengatakan keinginan masyarakat Indonesia terhadap printer laser ini dinilai masih rendah dibanding masyarakat Vietnam.

Padahal tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia dinilai lebih baik dibanding masyarakat Vietnam.

Sebagai contoh, masyarakat Vietnam lebih cenderung menggunakan printer laser sekitar 95 persen dibandingkan penggunaan printer inkjet sebesar 5 persen.

Kecenderungannya, masyarakat Indonesia akan mengarah ke printer laser. “Dalam lima tahun ke depan, Indonesia akan cenderung mengarah ke printer laser,” kata Teddy yakin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s