Tips “Melukis Foto” dengan iPhone

DaveHillPhoto.com
Salah satu foto HDR yang diedit di iPhone

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbekal iPhone, siapapun bisa mengolah foto hasil jepretan menjadi foto seperti “lukisan”. Bahkan kualitasnya juga tidak kalah dengan hasil editan fotografer profesional.

Salah satu pendiri HDRiPhoneographer, Binsar Nasution menjelaskan pada dasarnya foto apapun dari hasil jepretan kamera iPhone bisa langsung diolah untuk dijadikan foto “lukisan” atau berkualitas High Dynamic Range (HDR).

“Kalau memakai kamera biasa, biasanya objeknya yang diatur dalam pemotretan, tapi dalam HDR ini, tergantung kita mengeditnya (dalam istilah HDR dikenal sebagai mencolek),” kata Binsar pada acara Photo walk di Kebon Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/2/2012).

Untuk mengedit foto dari hasil jepretan kamera iPhone, pemilik iPhone bisa mengunduh aplikasi HDR yang ada di App Store. Aplikasi utama yang digunakan adalah Photoshop Express (PSE) dan iCamera HDR.

PSE lebih digunakan untuk menaikkan exposure (dari gelap ke terang atau sebaliknya) serta untuk menghilangkan noise. Tapi, kata Binsar, beberapa pengguna iPhone atau penggemar HDR ini justru lebih senang dengan adanya noise.

Sementara aplikasi iCamera HDR lebih digunakan untuk menghasilkan foto berkualitas HDR. Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah PhotoFX dan Snapseed. Kedua aplikasi ini sama-sama digunakan untuk filterisasi tambahan warna.

“PSE dan iCamera HDR merupakan aplikasi utama, yang lain hanya pelengkap,” tambahnya.

Kendati demikian, Binsar mengaku tidak ada aturan baku dalam mengolah foto hasil jepretan menjadi foto HDR seperti “lukisan” tersebut. Esensi foto HDR adalah menambah atau mengurangi cahaya (light) dan bayangan (shadow) pada foto.

Untuk bisa memperoleh foto HDR yang bagus, Binsar mengatakan semua tergantung dari colekan pemilik iPhone.

Hal itu juga akan disesuaikan dengan citarasa seni dari pemilik iPhone tersebut. Jika pemilik iPhone itu mengerti seni, maka hanya dalam sekian menit saja, hasil foto “lukisan” itu akan jadi.

Bahkan HDRiPhoneographer mempunyai tantangan mengolah foto menjadi HDR hanya dalam 360 detik atau sekitar enam menit. Dan itu berhasil.

“Kalau menurut saya, foto HDR yang bagus adalah foto dengan kontras dramatisnya lebih banyak. Jadi sudah seperti lukisan murni, bukan seperti editan komputer,” katanya.

Segala Tipe iPhone

Untuk bisa mengedit foto menjadi seperti “lukisan” tersebut, pengguna bisa menggunakan perangkat iPhone dari segala seri baik iPhone 3GS, iPhone 4 maupun iPhone 4S dan seri iPhone terdahulu.

Yang membedakan adalah lama pengeditan di masing-masing jenis perangkat tersebut. Semakin lama seri iPhone yang digunakan, maka proses penyimpanan maupun proses rendering foto hasil editan juga semakin lama. Begitu juga sebaliknya.

“Itu tergantung dari jenis prosesor yang digunakan di masing-masing iPhone tersebut. Semakin besar prosesornya, maka rendering-nya juga semakin cepat,” kata Binsar.

 (Sebelum)

(Sebelum)

(Sesudah)

(Sesudah)

 

(Sebelum)

(Sebelum)

 

(Sesudah)

(Sesudah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s