Prosesor Ponsel Buatan Intel Bikin ARM Resah

The Next web
Lenovo K800, smartphone Android pertama yang menggunakan prosesor dari Intel

KOMPAS.com — Terjunnya Intel di bisnis penyediaan cip untuk smartphone dan tablet membuat ARM sebagai pemain lama di bisnis tersebut khawatir. Sebelumnya, Intel lebih terkenal dengan prosesornya di perangkat komputer desktop atau laptop.

ARM adalah perusahaan spesialis pembuat cip untuk perangkat mobile. Produk buatan mereka telah digunakan banyak oleh vendor ponsel dan tablet.

Sebelum Intel hadir bisa dibilang ARM melenggang dengan leluasa mendominasi pasar cip perangkat mobile.

Kehadiran cip buatan Intel untuk perangkat mobile ini dikomentari oleh CEO ARM Holdings Warren East dalam sebuah wawancara dengan Reuteurs pada CES 2012, minggu lalu.

Menurut orang nomor satu ARM tersebut, prosesor mobile Atom buatan Intel itu “cukup baik”, tetapi tidak sebaik yang dimiliki ARM.

“Mereka (Intel) telah mengambil beberapa desain yang tidak dirancang untuk ponsel. Mereka sadari itu, tetapi desain itu tetap digunakan dengan memilih produk yang kinerja dan harganya cocok untuk ponsel,” katanya.

Apple, saat mulai merancang iPad, sebenarnya sempat mempertimbangkan Intel Atom sebagai prosesor tabletnya itu. Namun, dibatalkan karena Apple menilai prosesor itu tidak cukup efisien untuk menjalankan tablet dengan layar sentuh.

Akhirnya, Apple lebih memilih cip buatan sendiri, yaitu prosesor A4, yang berbasis desain ARM.

Meski demikian, Intel telah menabuh genderang perang di ranah cip mobile ini. Saat ini ARM memang masih menjadi raja di bisnis ini, tetapi berbekal pengalamannya di komputer desktop, Intel siap mengurangi pangsa pasar yang diraup ARM selama ini.

Pada ajang CES 2012, Intel memperkenalkan prosesor Atom Z2460 berbasis Medfield yang dirancang khusus untuk smartphone dan tablet.

Lenovo dan Motorola pun telah menyatakan siap memasarkan smartphone yang menggunakan prosesor tersebut.

Lenovo sendiri telah meluncurkan smartphone Android, Lenovo K800, pada CES 2012. Ini menjadikan Lenovo K800 menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor dari Intel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s