“Game” Lawas Buatan Bill Gates Bisa Dimainkan di iPhone

Google Image
Game DONKEY.BAS buatan Bill Gates yang rilis pertama kali tahun 1981, kini tersedia di iPhone, iPad, dan iPod Touch.

KOMPAS.com — Donkey, game pertama untuk sebuah perangkat komputer dirilis kembali untuk perangkat iOS. Versi pertama dari game yang dirilis tahun 1981 ini tersedia dalam sistem operasi PC-DOS di PC IBM.

Game Donkey atau yang dikenal lebih dulu dengan nama file DONKEY.BAS dibangun oleh Bill Gates dan Neil Konzen saat keduanya bekerja di Microsoft. Kini, game Donkey tersedia untuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Pembuatan ulang permainan Donkey digagas oleh developer XVision. Sebelumnya, Donkey sudah dirilis ulang agar bisa dimainkan di sistem operasi Windows 7, sistem operasi terbaru Microsoft saat ini.

Sejak tanggal 27 Januari 2012, Donkey sudah rilis di iTunes App Store dan kini bisa di-download dengan harga 0,99 dollar AS.

Game sederhana dengan konsep yang menghibur
Game Donkey adalah permainan mobil sederhana yang hanya bisa dimainkan oleh satu orang. Gamer tidak bisa mengontrol setir, mempercepat atau memperlambat kecepatan, atau melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan mengemudi standar.

Yang bisa dilakukan hanyalah mengikuti mobil yang terus melaju dan mengarahkan mobil agar tidak menabrak keledai di jalan.

Jika mobil menabrak keledai, maka keledai akan mendapatkan poin dan mobil akan kembali ke posisi semula saat permainan dimulai. Jika mobil bisa menghindari keledai, maka pemain akan mendapatkan poin. Tidak ada batasan angka poin yang didapat. Game akan kembali ke titik awal setiap kali mobil menabrak keledai.

Modifikasi khusus untuk aplikasi di iOS, game Donkey akan berakhir dan kembali ke permainan awal apabila pemain menabrak keledai sebanyak lima kali.

Game bersejarah
Ketika IBM kali pertama membangun personal computer (PC) pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, perusahaan ini mengontrak Microsoft untuk membangun sistem operasi dan versi bahasa pemrograman BASIC. Sistem operasi tersebut kemudian rilis dengan nama PC-DOS yang termasuk di dalam PC IBM.

Game DONKEY.BAS dikembangkan untuk memperkenalkan PC IBM dan kapabilitas bahasa pemrograman BASIC untuk memproduksi program interaktif dengan grafik berwarna dilengkapi suara.

Versi pertama DONKEY.BAS rilis pada 1981, menyusul versi selanjutnya, 1.10, pada tahun 1982. Sistem operasi yang bisa mendukung permainan game ini masih bekerja pada BIOS dan floppy drive 5,25 inci. Game ini bisa dimainkan dengan GW BASIC (kode orisinal) atau QBasic (kode yang sudah diadaptasi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s