AMD Gabung Proyek MeeGo

MEEGO.COM

DUBLIN, KOMPAS.com — Intel dan Advanced Micro Device (AMD) boleh saja bersaing di pasar prosesor komputer. Namun, keduanya bisa jadi akur di pasar smartphone dan mobile devices. Produsen prosesor AMD yang bermarkas di Sunnyvale, California, AS, Senin (15/11/2010), mengumumkan bahwa pihaknya mendukung proyek MeeGo.

“MeeGo merupakan sistem operasi open source untuk perangkat mobile yang kami perkirakan akan diadopsi oleh pembuat perangkat mobile pada masa mendatang. Kami senang dapat menyediakan sumber daya untuk mendukung kerja sama industri seperti MeeGo dan mengharapkan bahwa sistem operasi ini akan membantu mendorong rencana kami memperluas menciptakan peluang pasar lebih luas untuk accelerated processing unit yang kami siapkan,” kata Chris Schlaeger, Director of AMD Operating System, dalam MeeGo Conference di Dublin, Irlandia.

Perlu diketahui bahwa MeeGo adalah proyek open source yang digagas Intel dan Nokia sejak awal tahun ini. Ia merupakan penggabungan dari proyek Maemo di Nokia dengan Moblin di Intel. Proyek ini berbasis Linux sebagai platform open source. Platform tersebut dikembangkan luas dari smartphone, netbook, tablet, sistem hiburan di kendaraan, dan perangkat mobile lainnya. Produk komersial pertama yang menggunakan MeeGo diperkirakan akan keluar di pasaran paling cepat pada akhir tahun ini atau awal tahun 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s