Pemanasan Global, Air Laut Dunia Menghangat

 

 

 

 

 

 

 

 

Liputan6.com, Tokyo: Lautan dunia semakin panas. Peneliti Jepang mengatakan penyebabnya pemanasan global yang membuat panas terbentuk di dalam lautan di seluruh dunia hingga menyebabkan permukaan laut naik. Hal ini dibuktikan Badan Meteorologi Jepang seperti dikutip laman NHK, Selasa (14/2), menggunakan data dari seluruh dunia yang kemudian dipelajari perubahan turunnya suhu air laut hingga kedalaman 700 meter.

Badan Meteorologi Jepang menemukan dalam 60 tahun terakhir hingga 2011, lautan di dunia menjadi lebih hangat rata-rata sekitar 0,15 derajat pada kedalaman 700 meter. Angka itu meningkat 0,02 derajat per dekade. Mereka yakin lebih dari setengah energi panas yang memengaruhi lautan berasal dari pemanasan global.

Menurut PBB suhu laut yang lebih tinggi terjadi akibat pencairan gletser, yang menyebabkan permukaan laut meningkat karena volume air bertambah. Badan Meteorologi Jepang juga menyetujui alasan tersebut. Menurut mereka sekitar sepertiga dari kenaikan tahunan sebesar 3 milimeter pada permukaan air laut diseluruh dunia dalam 20 tahun terakhir, dapat dikaitkan dengan penyebab air laut menjadi hangat.

Menyikapi keadaan ini Badan Meteorologi Jepang mengatakan berencana bekerjasama dengan para peneliti di seluruh dunia. Kerja sama itu untuk melihat dampak lebih lanjut dari air laut yang lebih hangat terhadap ekosistem laut.(TNT/AIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s